Genius Umar Membedah Kilas Balik Perjuangan Perempuan Indonesia

Kominfo Kota Pariaman – Kota Pariaman, melakukan Peringatan Hari Ibu ke-92 dan HUT Dharmawanita ke-21 tingkat Kota Pariaman tahun 2020 yang diselenggarakan di Aula Balaikota Pariaman, Senin (28/12/2020) pagi.

Kegiatan bertajuk Perempuan Berdaya Indonesia Maju tersebut sengaja diadakan guna membangkitkan kembali semangat ke-organisasian perempuan dalam upaya membantu pembangunan daerah dengan berbagi sektor program andalannya.

Peringatan Hari Ibu ke-92 dan HUT Dharmawanita ke-21 sengaja diadakan secara serentak, guna memaknai dan menghargai peran perempuan dan ibu, yang dibuka langsung Walikota Pariaman Genius Umar didamping Wawako Mardison Mahyuddin, serta disaksikan Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Lucyanel Arlym Genius dan Ketua GOW Ny. Indriati Mardison.

Saat pembukaan kegiatan ini, Walikota Pariaman Genius Umar, mengulas tentang sejarah peringatan hari ibu ini diadakan untuk pertama kalinya dua bulan setelah sumpah pemuda indonesia pada 28 Oktober 1928 yang mendeklarasikan satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air.

” Awal Hari Ibu ini berdasarkan hasil kongres perempuan nasional pada 22 Desember 2018, yang menjadi kongres perempuan pertama di Indonesia. Kongres tersebut membahas perjuangan perempuan dalam membantu perjuangan kemerdekaan,” sambung Genius.

Genius Umar sangat mengapresiasi tentang peran seorang ibu dan perempuan pada umumnya, karena tak hanya didapur fungsi perempuan dimasa perjuangan tersebut, namun telah ikut berjuang membantu para suami dalam perjuangan kemerdekaan RI, seperti R.A Kartini, Cut Nyak Dien, Siti Manggopoh dan banyak lagi tokoh perempuan lainnya.

Nah, kita berpikir bahwa yang kita peringati ini adalah ibu sebagai orang tua kita, atau perempuan yang punya satu visi dalam perjuangan merebut kemerdekaan

Walaupun secara nasional maupun secara daerah perempuan itu kita paham kesetaraannya, atas peran perempuan yang sangat luar biasa dan peran dharmawanita yang sangat luar biasa dalam membantu program pemerintah khususnya Kota Pariaman.

” Atas nama pribadi dan Pemko Pariaman saya ucapkan selamat memperingati Hari Ibu ke-92 dan HUT Dharmawanita ke-21 tingkat Kota Pariaman tahun 2020, semoga perempuan- perempuan makin maju dan terus berkarya,” singkat Genius mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekdako Pariaman, Ahmad Zakri didampingi Ketua Dharmawanita Kota Pariaman, Ny. Juwita Ahmad Zakri, Forkopimda Pariaman, Gabungan Organisasi Wanita se-Kota Pariaman. ( media center kominfo kota pariaman )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply